Sabtu, 29 Februari 2020

Tes Tulis UKK 2020

1. Memahami Teknologi jaringan komputer



Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.
Jenis-Jenis jaringan
Ada 3 macam jenis Jaringan/Network yaitu :
1. Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area  lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.
Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di jadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputerkomputer yang terhubung ke dalam  network. Komputerkomputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.
2. Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan
Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah  jaringanjaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.
Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau Surabaya.
3.  Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar
Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain.
Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.
Protokol
Protokol adalah aturan-aturan main yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu termasuk di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data.
Protokol-Protokol yang dikenal adalah sebagai berikut :
    1. Ethernet
    2. Local Talk
    3. Token Ring
    4. FDDI
    5. ATM
Ethernet
Protocol Ethernet sejauh ini adalah yang paling banyak digunakan, Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision  Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap komputer memperhatikan  ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas atau bersih komputer akan mentransmisikan data, jika ada transmisi lain di dalam  kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi jika jaringan telah bersih. kadangkala dua buah komputer melakukan transmisi pada saat yang sama, ketika hal ini terjadi, masing-masing komputer akan mundur dan akan menunggu kesempatan secara acak untuk mentransmisikan data kembali. metode ini dikenal dengan koalisi, dan tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi dari network.
Protokol Ethernet dapat digunakan untuk  pada model jaringan Garis   lurus , Bintang, atau Pohon . Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted pair, koaksial, ataupun kabel fiber optic pada kecepatan 10 Mbps.
LocalTalk
LocalTalk adalah sebuh protokol network yang di kembangkan oleh Apple Computer, Inc. untuk mesin-mesin komputer Macintosh . Metode yang digunakan oleh LocalTalk adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CD.. Adapter LocalTalk dan cable twisted pair khusus dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer melewati port serial. Sistem Operasi Macintosh memungkinkan koneksi secara jaringan peer-to-peer  tanpa membutuhkan tambahan aplikasi khusus
Protokol LocalTalk dapat digunakan untuk model jaringan Garis Lurus ,Bintang , ataupun model Pohon dengan menggunakan kabel twisted pair . Kekurangan yang paling mencolok yaitu kecepatan transmisinya. Kecepatan transmisinya hanya  230 Kbps.
Token Ring
Protokol Token di kembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Metode Aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti Cincin . Dalam lingkaran token, komputerkomputer dihubungkan satu dengan yang lainnya seperti sebuah cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah komputer-menuju ke komputer berikutnya, jika pada persinggahan di salah satu komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya ke tempat dimana data itu ingin ditujukan, token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan diantara masing-masing komputer.
Protokol Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optic . Dan dapat melakukan kecepatan transmisi 4 Mbps atau  16 Mbps.  Sejalan dengan perkembangan Ethernet,  penggunaan Token Ring makin berkurang sampai sekarang.
FDDI
Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah Protokol jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang   jauh . Metode aksesnyayang digunakan oleh FDDI adalah model token . FDDI menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi baiasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara otomatis menggunakan ring yang kedua.
Sebuah keuntungan dari FDDI adalah kecepatan dengan menggunakan fiber optic cable pada kecepatan 100 Mbps.
ATM
ATM adalah singkatan dari  Asynchronous Transfer Mode (ATM) yaitu sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau lebih . ATM mentarnsmisikan data kedalam satu paket dimana pada protokol yang lain mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media seperti video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi   Bintang , dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair . ATM pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN . dia juga banyak dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet untuk klien mereka.
Kesimpulan untuk Protokol :
Protokol yang di pakaiKabel yang digunakanKecepatan TransferTopology Fisik
EthernetTwisted Pair, Coaxial, Fiber10 MbpsLinear Bus, Star, Tree
Fast EthernetTwisted Pair, Fiber100 MbpsStar
LocalTalkTwisted Pair0.23 MbpsLinear Bus or Star
Token RingTwisted Pair4 Mbps – 16 MbpsStar-Wired Ring
FDDIFiber100 MbpsDual ring
ATMTwisted Pair, Fiber155-2488 MbpsLinear Bus, Star, Tree
Perangkat keras yang diperlukan
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan komputer yaitu : Komputer, Card Network, Hub, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan koneksi jaringan seperti: Printer, CDROM, Scanner, Bridges, Router dan lainnya yang dibutuhkan untuk process transformasi data didalam jaringan.
File Servers
Sebuah file server merupakan jantungnya kebayakan  Jaringan, merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan.
Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara node/komponen dalam suatu jaringan. Sebagai contoh mengelola pengiriman file database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu node, ke node yang lain, atau menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas yang lain….terlihat bahwa tugas file server sangat kompleks, dia juga harus menyimpan informasi dan membaginya secara cepat. Sehingga minimal sebuah file server mempunyai beberpa karakter seperti tersebut di bawah ini :
  • Processor minimal 166 megahertz atau processor yang lebih cepat lagi (Pentium Pro, Pentium II, PowerPC).
  • Sebuah Harddisk yang cepat dan berkapasitas besar atau kurang lebih 10 GB
  • Sebuah RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks).
  • Sebuah tape untuk back up data (contohnya . DAT, JAZ, Zip, atau  CD-RW )
  • Mempunyai banyak port network
  • Kartu jaringan yang cepat dan Reliabilitas
  • Kurang lebih 32 MB memori
Workstations
Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan disebut sebagai workstation. Sebuah workstation minimal mempunyai ; Kartu jaringan, Aplikasi jaringan (sofware jaringan), kabel untuk menghubungkan ke jaringan, biasanya sebuah workstation tidak begitu membutuhkan Floppy karena data yang ingin di simpan bisa dan dapat diletakkan di file server. Hampir semua jenis komputer dapat digunakan sebagai komputer workstation.
Network Interface Cards (NIC) atau  Kartu Jaringan
Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu inernal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer. Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot.
Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet, lalu diikuti oleh Token Ring, dan LocalTalk,
Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet
Kartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali seperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan ethernet didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted pair,ataupun dengan kabel fiber optik.
Gambar Kartu Jaringan Ethernet
Dari Atas Ke Bawah :
konektor RJ-45, konektor AUI, dan konektor BNC
LocalTalk Connectors/Konektor LocalTalk
LocalTalk adalah kartu jaringan buat komputer macintosh, ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port untuk printer. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernet adalah kecepatan laju transfer datanya, Ethernet bi Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perudahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan jaringan komputer yang terhubungan dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.asanya dapat sampai 10 Mbps, sedangkan LocalTalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 230 Kbps atau setara dengan  0.23 Mps
Token Ring Cards
Kartu jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan Kartu jaringan Ethernet. Satu perbedaannya adalah tipe konektor di belakang KArtu jaringannya, Token Ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN yang menyambung Kartu jaringan ke Kabel Network.
Hub/Konsentrator
Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam  hub. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju.
Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator adalah :
  • Biasanya terdiri dari 8, 12, atau  24 port RJ-45
  • Digunakan pada topologi Bintang/Star
  • Biasanya di jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur manjemen port tersebut.
  • Biasanya disebut hub
  • Biasanya di pasang pada rak khusus, yang didalamnya ada Bridges, router
Repeaters
Contoh yang paling mudah adalah pada sebuah LAN menggunakan topologi Bintang dengan menggunakan kabel unshielded twisted pair. Dimana diketahui panjang maksimal untuk sebuah kabel unshileded twisted pair adalah 100 meter, maka untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut dipasanglah sebuah repeater pada jaringan tersebut.
Bridges / Jembatan
Adalah sebuah perangkat  yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan yang lain di sebelahnya pula.  Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Dia mengatur agar informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. Bridges juga dapat di gunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.,.
Routers
Sebuah Router mengartikan informaari dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit, router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal.
Sementara  Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di masing-masing sisi jaringan, router mengetahui alamat komputerr, bridges dan router lainnya. router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai sisi tersebut bersih.
Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke Internet, mereka harus membeli router. Ini berarti sebuah router dapat menterjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet. ini juga berarti mencarikan alternatif jalur  yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internet.
Ini berarti Router itu :
  • Mengatur jalur sinyal secara effisien
  • Mengatur Pesan diantara dua buah protocol
  • Mengatur Pesan diantara topologi jaringan linear Bus dan  Bintang(star)
  • Mengatur Pesan diantara melewati Kabel Fiber optic, kabel koaaksialm atau kabel twisted pair
Topologi/Bentuk Jaringan
Topologi suatu jaringan didasarkan pada cara penghubung sejumlah node atau sentral dalam membentuk suatu sistem jaringan. Topologi jaringan yang umum dipakai adalah : Mess, Bintang (Star), Bus, Tree, dan Cincin (Ring).
a. Topologi Jaringan Mesh
Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.
b. Topologi Jaringan Bintang (Star)
Dalam topologi jaringan bintang, salah satu sentral dibuat sebagai sentral pusat. Bila dibandingkan dengan sistem mesh, sistem ini mempunyai tingkat kerumitan jaringan yang lebih sederhana sehingga sistem menjadi lebih ekonomis, tetapi beban yang dipikul sentral pusat cukup berat. Dengan demikian kemungkinan tingkat kerusakan atau gangguan dari sentral ini lebih besar.
c. Topologi Jaringan Bus
Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus. Transmisi sinyal dari suatu sentral tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. Hal ini berbeda sekali dengan yang terjadi pada topologi jaringan mesh atau bintang, yang pada kedua sistem tersebut dapat dilakukan komunikasi atau interkoneksi antar sentral secara bersamaan.
topologi jaringan bus tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar sentral, tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer.
d. Topologi Jaringan Pohon (Tree)
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.
e. Topologi Jaringan Cincin (Ring)
Untuk membentuk jaringan cincin, setiap sentral harus dihubungkan seri satu dengan yang lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup. Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi dengan sentral yang berdekatan maupun berjauhan. Dengan demikian kemampuan melakukan switching ke berbagai arah sentral.
Keuntungan dari topologi jaringan ini antara lain : tingkat kerumitan jaringan rendah (sederhana), juga bila ada gangguan atau kerusakan pada suatu sentral maka aliran trafik dapat dilewatkan pada arah lain dalam sistem.
Yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer adalah jaringan bertipe bus dan pohon (tree), hal ini karena alasan kerumitan, kemudahan instalasi dan pemeliharaan serta harga yang harus dibayar.
Tapi hanya jaringan bertipe pohon (tree) saja yang diakui kehandalannya karena putusnya salah satu kabel pada client, tidak akan mempengaruhi hubungan client yang lain.

2. Menjelaskan pengetahuan tentang jenis-jenis kabel

Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer

1. Jenis Kabel  Koaksial

Pengertian kabel jaringan komputer dan jenis - jenis kabel jaringan komputer

Kabel jaringan yang mempunyai jenis coaxial merupakan suatu kabel jaringan komputer yang jika kita lihat secara mendetail, kabel jaringan ini memiliki tampilan fisik yang strukturnya terdiri dari sebuah rangkaian kawat tembaga yang menjadi bagian inti dari kabel jenis coaxial.

Kemudian dilapisi oleh sebuah isolator pada lingkar dalam dan dikelilingi oleh sebuah konduktor bagian. Pada bagian lapisan pembungkus kabel dengan jenis coaxial ini menggunakan bahan sejenis PVC yang dijadikan lapisan isolator pada bagian luarnya.

Jenis kabel Coaxial pada umumnya digunakan untuk sebuah topologi dengan tipe bus dan tipe ring, Akan tetapi kehadiran dan kegunaan kabel coaxial pada saat ini sudah tidak banyak digunakan pada jenis LAN yang memang sudah mempunyai spesifikasi yang tinggi.

Para pengguna dan vendor - vendor pembuat perangkat komputer memilih meninggalkan jenis kabel yang satu ini, itu semua dikarenakan ferporma kabel ini yang tidak bisa mensupport kualitas jaringan yang maximal pasalnya telah banyak ditemukan kekurangan terutama masalah jangkauan yang dihasilkan kabel jenis ini sangatlah terbatas.

2. Jenis Kabel Twisted Pair

Pengertian kabel jaringan komputer dan jenis - jenis kabel jaringan komputer

Jenis kabel yang memiliki jenis twisted pair merupakan suatu kabel jaringan komputer yang sudah didesain dengan tampilan yang sudah memiliki bentuk fisik kabel yang terdiri atas beberapa pasangan yang di klasifikasikan menurut warna tertentu yang disusun secara berlilitan.

Jenis Kabel Twisted Pair ini juga dapat dibagi menjadi 3 kelas yakni kabel FTP (Foiled Twisted Pair), kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), dan kabel Shielded Twisted Pair yang dikenal dengan kabel STP.

Penjelasan Kelas Kabel UTP

1. Unshield Twisted Pair (UTP)

Seperti namanya Unshield Twisted Pair yang berarti kabel twisted pair jenis ini tidak dilengkapi dengan shield yang melindungi dari gangguan elektromagnetik. Kabel jenis ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan kabel jenis STP sehingga cocok digunakan pada jaringan rumahan dan bahkan untuk kantor yang membutuhkan biaya rendah.



2. Shield Twisted Pair (STP)


Shield Twisted Pair merupakan jenis kabel yang memiliki shield yang melindungi dari gangguan elektromagnetik. Kabel jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dari jenis UTP karena dilengkapi dengan shield yang membungkus sepanjang kabel, yang juga membuat kabel sedikit kaku dan lebih berat. Kabel jenis ini cocok untuk digunakan pada perusahaan skala besar yang membutuhkan kinerja yang maksimal.

Selain memahami kedua jenis kabel UTP diatas, langkah selanjutnya yang memang harus kita pelajari dengan baik adalah penerapan shield pada kabel jenis twisted pair yang memiliki tiga macam tipe, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Individual Shield (U/FTP)
Individual Shield melindungi tiap pasang kabel dengan aluminium foil. Tipe ini melindungi kabel dari gangguan elektromagnetik dari luar dan juga mencegah terjadinya crosstalk pada tiap pasang kabel.
  • Overall Shield (F/UTP, S/UTP, dan SF/UTP)
Overall Shield melindungi seluruh pasang kabel dengan aluminium foil. Tipe ini melindungi kabel dari gangguan elektromagnetik dari luar.
  • Individual dan Overall Shield (F/FTP, S/FTP, dan SF/FTP)
Tipe ini merupakan gabungan dari Individual dan Overall Shield yang mana melindungi setiap pasang kabel dan juga seluruh pasang kabel dengan foil. Hal ini berfungsi untuk melindungi kabel dari gangguan elektromagnetik dari luar dan juga mencegah terjadinya crosstalk pada tiap pasang kabel.

Penjelasan FTP, STP dan UTP

Meskipun ketiga jenis kabel ini memiliki susunan kabel dan bentuknya yang sama, namun terdapat suatu perbedaan yang terletak dari bahan utama pembungkus dan bahan materialnya sehingga hal inilah yang memberikan dampak Performa yang berbeda, terlepas dari itu juga, ketiga jenis kabek ini juga mempunyai suatu kelebihan dan kekurangan masing - masing yang bisa dijadikan tolak ukur oleh para pengguna jaringan komputer.

Pada point utama anda harus mengetahui kelas kabel twisted pair yang mengusung jeni UTP atau yang dikenal sebagai "Unshilded Twister pair" yang jika dilihat sesuai namanya kabel jenis ini tidak dilengkapi dengan sebuah pelindung alumunium foil sehingga jenis kabel yang satu ini sangat rentan akan suatu radiasi yang dihasilkan medan magnet atau sebuah voltase yang cukup tinggi

Beda dengan jenis kabel FTP dan jenis kabel STP, kedua jenis kabel ini memang sudah dilengkapi dengan pelindung ["Shielded"] sehingga jenis kabel ini sudah dilengkapi dengan kemampuan yang lebih untuk bisa tetap bertahan dengan suatu gangguan interferensi dari gelombang elektromagnetik yang berasal dari area yang berdekatan dengan fisik kabel tersebut.

3. Jenis Kabel Fiber Optik

Pengertian kabel jaringan komputer dan jenis - jenis kabel jaringan komputer

Jenis kabel yang satu ini merupakan jenis kabel jaringan komputer yang sudah mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi dan sudah bisa dikatakan sebagai salah satu model yang sudah dibuat dengan suatu teknologi yang paling baru yang diklaim mampu memberikan suatu akselerasi dan performa yang sangat bagus.

Pada awal kemunculannya kabel fiber ptik ini dirancang dan dikhusukan untuk sebuah jaringan yang memang dijadikan sebabai jaringan tulang punggung [ Backbone ] seperti yang terdapat pada sebuah prusahaan dengan jaringan yang sangat besar dimana perusahaan tersebut memang membutuhkan suatu kecepatan yang lebih.

Tetapi dengan seiringnya perkembangan teknologi penggunaan kabel fiber optik ini tidak lagi dikhusukan untuk sebuah perusahaan yang mempunyai jaringan yang sangat besar, untuk saat ini kabel fiber optik juga telah diadopsi dan digunakan oleh suatu jaringan biasa seperti WAN, MAN dan Jaringan LAN karena kabel fiber optik ini memang bisa membrikan suatu performa koneksi yang sangat cepat dan sangat stabil.

Terlepas dari segala kelebihan dan kecanggihan yang diberikan fiber optik ini, keberadaannya tersebut belum bisa menggeser pamor dari kabel dengan jenis twisted pair ini, karena jika dilihat dari segi materialnya kabel dengan bahan fiber optik ini memang mempunyai spedifikasi harga yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis kabel jaringan yang lainnya. 


3. Memahami pengetahuan tentang perangkat jaringan komputer


Perangkat Jaringan Komputer
Local Area Network (LAN)
Terdapat sejumlah perangkat yang digunakan dalam membangun Jaringan Komputer / Membangun LAN untuk Jaringan Komputer. Perangkat-perangkat tersebut adalah :
> Komputer (PC)
> LAN Card (Kartu Jaringan)
> Kabel Jaringan (Utp,Coaksial,Fiber Optic)
> Switch
> Hub
> Bridge
> Repeater
> Router
Penggabungan perangkat2 tersebut akan menciptakan infrastruktur LAN.
Berikut adalah Fungsi alat tersebut.
Komputer (PC)
adalah Alat yg dipakai untuk mengelolah data menurut prosedur yg di rumuskan komputer yg sering digunakan untuk membuat jaringan.

LAN Card (Kartu Jaringan)
Lan Card adalah adalah kartu jaringan/lancard yg di pasang pada setiap koputer yg akan dihubungkan ke suatu jaringan komputer.
Switch

Switch menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN, sama seperti hub. Perbedaannya adalah switch dapat beroperasi dengan mode full-duplex dan mampu mengalihkan jalur dan memfilter informasi ke dan dari tujuan yang spesifik.
Hub

Hub menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN. Hub adalah repeater dengan jumlah port banyak (multiport repeater). Hub tidak mampu menentukan tujuan; Hub hanya mentrasmisikan sinyal ke setiap line yang terkoneksi dengannya, menggunakan mode half-duplex.
Bridge

Bridge adalah “intelligent repeater”. Bridge menguatkan sinyal yang ditransmisikannya, tetapi tidak seperti repeater, Brigde mampu menentukan tujuan.
Repeater (Penguat)

Repeater, bekerja pada layer fisik jaringan, menguatkan sinyal dan mengirimkan dari satu repeater ke repeater lain. Repeater tidak merubah informasi yang ditransmisikan dan repeater tidak dapat memfilter informasi. Repeater hanya berfungsi membantu menguatkan sinyal yang melemah akibat jarak, sehingga sinyal dapat ditransmisikan ke jarak yang lebih jauh.
Router

Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.

4. Memahami pengetahuan Jariangan Nirkabel


Jaringan nirkabel (Inggriswireless network) adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasiteknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: Jaringan kawasan lokal nirkabel (wireless LAN/WLAN), dan Wi-Fi. Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang radiogelombang mikro, maupun cahaya infra merah.
Pada tahun 1970 Norman Abramson, seorang profesor di University of Hawaii, mengembangkan komputer pertama di dunia jaringan komunikasi, ALOHAnet, menggunakan biaya rendah seperti ham-radio. Dengan bi-directional topologi bintang, sistem komputer yang terhubung tujuh ditempatkan lebih dari empat pulau untuk berkomunikasi dengan komputer pusat di Pulau Oahu tanpa menggunakan saluran telepon.
"Pada tahun 1979, FR Gfeller dan U. Bapst menerbitkan makalah di Proceedings IEEE pelaporan percobaan jaringan area lokal nirkabel menggunakan komunikasi infra merah disebarkan. Tak lama kemudian, pada tahun 1980, P. Ferrert melaporkan percobaan penerapan kode satu radio spread spectrum untuk komunikasi di terminal nirkabel IEEE Konferensi Telekomunikasi Nasional. Pada tahun 1984, perbandingan antara infra merah dan CDMA spread spectrum untuk komunikasi jaringan informasi kantor nirkabel diterbitkan oleh IEEE Kaveh Pahlavan di Jaringan Komputer Simposium yang muncul kemudian dalam IEEE Communication Society Magazine. Pada bulan Mei 1985, upaya Marcus memimpin FCC untuk mengumumkan ISM band eksperimental untuk aplikasi komersial teknologi spread spectrum. Belakangan, M. Kavehrad melaporkan percobaan sistem PBX nirkabel kode menggunakan Division Multiple Access. Upaya-upaya ini mendorong kegiatan industri yang signifikan dalam pengembangan dari generasi baru dari jaringan area lokal nirkabel dan diperbarui beberapa lama diskusi di radio portabel dan mobile industri.
Generasi pertama dari modem data nirkabel dikembangkan pada awal 1980-an oleh operator radio amatir, yang sering disebut sebagai radio paket ini. Mereka menambahkan komunikasi data pita suara modem, dengan kecepatan data di bawah 9.600-bit / s, untuk yang sudah ada sistem radio jarak pendek, biasanya dalam dua meter band amatir. Generasi kedua modem nirkabel dikembangkan FCC segera setelah pengumuman di band eksperimental untuk non-militer penggunaan spektrum penyebaran teknologi. Modem ini memiliki kecepatan data yang diberikan atas perintah ratusan kbit / s. Generasi ketiga modem nirkabel ditujukan untuk kompatibilitas dengan LAN yang ada dengan data tingkat atas perintah Mbit / s. Beberapa perusahaan yang mengembangkan produk-produk generasi ketiga dengan kecepatan data di atas 1 Mbit / s dan beberapa produk sudah diumumkan oleh waktu pertama IEEE Workshop on Wireless LAN.

5. Memahami Pengetahuan dasar konsep desain jaringan


Konsep Dasar Jaringan Komputer 


Jaringan Komputer merupakan hubungan dua atau lebih sistem komputer yang terpisah, melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lain guna berbagi sumber daya (resource).Berbagi sumber daya anatara lain:

- Data
- Hardware (Printer, CD-Rom)
- Perangkat komunikasi
Sebuah jaringan dapat dihubungkan dengan berbagai media komunikasi antara lain :
- Kabel
- Radio
- Satelit

Keuntungan dari jaringan computer :

- Speed
Dengan jaringan komputer pekerjaan akan lebih cepat, fasilitas sharing akan memudahkan transfer data antar komputer.
- Cost
Sumber daya hardware dapat diminimalisir karena dapat berbagi hardware antar komputer.
- Security
Jaringan komputer memberikan layanan hak akses terhadap file atau sumber daya yang lain.
- Centralized Software Management
Salah satu keuntungan jaringan komputer adalah pemusatan program aplikasi. Ini akan mengurangi waktu dan tenaga untuk instalasi program dimasing-masing komputer.
- Resource Sharing
Jaringan komputer dapat mengatasi terbatasnya hardware (printer, CDROM, dll) maupun data.
- Flexible Access
User dapat mengakses data yang terpusat dari komputer manapun.
- dll

Konfigurasi Jalur adalah jumlah alat yang ada di dalam hubungan (link). Ada dua jenis, antara lain :

- Point to point
Hubungan antar dua peralatan jaringan.
- Multipoint
Hubungan antar lebih dari dua perangkat jaringan.
Berdasarkan arsitekturnya, jaringan komputer dibedakan menjadi 3, antara lain :
- Host Terminal
- Client Server
- Peer to peer


B. Terminologi Dasar Jaringan
Jaringan komputer dibangun dalam bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, bergantung kondisi dan kebutuhan. Desain dari jaringan komputer sangat pesat perkembangannya. Desain inilah yang disebut network terminology.
Pada awalnya LAN dan WAN merupakan desain orisinal jaringan komputer. Namun saat ini mengalami perkembangan. Sebagai pengetahuan, saat ini “area network “ yang lainnya adalah :
- Local Area Network (LAN)
- Wide Area Network (WAN)
- Metropolitan Area Network (MAN)
- Storage Area Network (SAN)
- System Area Network (SAN)
- Small Area Network (SAN)
- Personal Area Network (PAN)
- Desk Area Network (DAN)
- Controller Area Network (CAN)
- Cluster Area Network (CAN)


Local Area Network (LAN) merupakan komunikasi sejumlah komputer ataupun perangkat komunikasi di dalam suatu area terbatas dengan menggunakan media komunikasi tertentu ( kabel, wireless, dan lain-lain)

LAN didesain untuk kebutuhan dan kondisi berikut :

- Beroperasi dalam area geografis terbatas (kecil)
- Memberi akses user-user melalui media dengan bandwidth
tinggi
- Menyediakan konektivitas full-time untuk servis-servis local
- Melakukan koneksi secara fisik antar perangkat yang
berdekatan
- Menyajikan control jaringan secara privat di bawah kendali administrator lokal (Network Administrator).

Wide Area Network (WAN) merupakan komunikasi antar LAN, antara LAN yang satu dengan yang lainnya dipisahkan oleh jarak geografis yang cukup jauh. Misalnya hubungan antara kantor pusat dengan cabang-cabang yang ada di daerah.

Beberapa teknologi WAN yang umum digunakan :

- Modem
- ISDN (Integrated Services Digital Network)
- DSL (Digital Subscriber Line)
- Frame Relay
- ATM (Asynchronous Transfer Mode
- SONET (Synchronous Optical Network)


WAN didesain untuk kebutuhan dan kondisi berikut :

- Beroperasi pada area geografis luas
- Mengijinkan akses melalui interface serial dengan kecepatan medium
- Menyajikan konektifitas full-time / part-time
- Mengkoneksikan perangakat yang terpisahkan jarak global. Sebagai pengetahuan, “area network” lainnya yang juga merupaka terminologi jaringan hanya sebagai tambahan. Berikut pengertian singkatnya :

Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan dengan area operasi lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN (disebuah kota), dengan kapasitas data dan performa hardware yang tinggi.

Storage Area Network (SAN) merupakan koneksi-koneksi perangkat penyimpanan melalui teknologi seperti Fibre chanel.
System Area Network merupakan koneksi-koneksi berperforma hardware tinggi dan kecepatan koneksi tinggi dalam sebuah konfiurasi cluster.

6. Menjelaskan kebutuhan bisnis


Kebutuhan Dasar Manusia untuk Bisnis yang Sukses

Ada 7 kebutuhan dasar manusia yang paling cocok untuk pengusaha dan para pelanggannya, yang mana semua kebutuhan dasar di bawah ini perlu dipenuhi agar bisnis yang didirikan dapat lebih mudah menuju kesuksesan. 

1. Konsistensi atau Keamanan. 

Ketika menciptakan sebuah produk di dalam bisnis, kita perlu memberikan kenyamanan pada para pelanggan yaitu dengan menjamin bahwa produk yang diciptakan dapat memberikan konsistensi dan keamanan. Misalnya, produk sabun wajah yang kita jual tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit wajah dan secara konsisten, produk ini akan selalu memberikan hasil yang sama, tidak berkurang dan tidak berubah. Jika kebutuhan dasar ini terpenuhi, maka kita (produsen) dan pelanggan tidak akan merasa cemas. 

2. Variabilitas atau Kesenangan. 

Manusia memang suka melihat pilihan yang beragam atau bervariasi. Dengan banyaknya pilihan, mereka bisa berpikir secara kreatif dan memilih produk sesuai dengan preferensi-nya masing-masing. Variabilitas akan membuat kita sulit merasa bosan. Sebagai contoh, jika produk yang kita jual adalah sabun muka, maka akankah lebih baik jika kita menjualnya dengan variasi yang banyak seperti, sabun muka dengan ekstrak green tea untuk menghaluskan wajah, sabun muka dengan vitamin C untuk memutihkan wajah, dan varian lainnya. 

3. Status atau Signifikansi yang Jelas. 

Ini juga merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Tanpa status atau signifikansi yang jelas, pelanggan atau para kompetitor akan meremehkan kualitas produk kita. Status yang jelas pada produk misalnya, apakah produk ini sudah berlabel halal? Atau apakah produk ini sudah lolos uji coba dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM)? 

4. Ekspresi Diri. 

Produk-produk yang sering dipilih oleh para pelanggan adalah produk yang bisa membuat pelanggan lebih mudah dalam mengekspresikan diri mereka. Dengan kata lain, mereka akan merasa lebih percaya diri dan bangga ketika menggunakan atau memakai produk kita. Oleh karena itu, kita juga perlu memperhatikan kemasan luar dari produk yang kita jual. 

5. Cinta atau Koneksi yang Kuat.  

Kita juga perlu memastikan bahwa produk-produk yang kita jual dapat memberikan cinta dan koneksi dengan sesama manusia. Misalnya, produk ponsel pintar. Dimana poin cinta dan koneksinya? Melalui ponsel, kita bisa terkoneksi dengan banyak orang, terutama dengan orang-orang yang kita cintai. 

6. Pertumbuhan atau Pengetahuan. 

Produk-produk yang memiliki nilai pertumbuhan dan pengetahuan adalah produk yang sering dicari oleh banyak orang (pelanggan). Hampir semua manusia di dunia ini pasti ingin tumbuh dengan meningkatkan kualitas hidup mereka, dimana pengetahuan juga sangat berperan penting dalam hal ini. Jika kebutuhan dasar ini tidak terpenuhi, maka manusia akan merasa mandek atau buntu. 

7. Kontribusi.

Terakhir, kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi adalah kontribusi. Sebagai makhluk sosial, manusia memang tidak bisa hidup sendirian. Ini menandakan bahwa manusia akan selalu memerlukan kehadiran dan bantuan dari manusia lainnya. Oleh karena itu, nilai kontribusi juga perlu untuk dipenuhi. Jika tidak, manusia tidak akan memiliki rasa kepuasan untuk membantu seseorang. 

7. Memahami Topologi jaringan


PENGERTIAN DAN BERBAGAI TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER
topologi jaringan komputer
Pengertian Topologi Jaringan Komputer atau Arsitekstur Jaringan Komputer adalah sebuah gambaran atau rancangan bagaimana setiap komputer itu dihubungkan secara fisik. Ada beberapa topologi yang akan dibahas semoga bisa lebih mudah dipahami nantinya bagi para pembaca.

1. Topologi Bus
topologi bus
Pengertian Topologi Bus adalah sebuah rancang jaringan komputer yang secara istilah mirip dengan bus (alat transportasi) karena bentangan kabel yang memanjang. Disetiap ujung kabel harus ditutup dengan terminatorPengertian terminator sendiri adalah konektor yang digunakan sebagai penutup disetiap ujung kabel. Terminator ini memiliki nilai hambatan 50 ohm. Fungsinya untuk menyerap sinyal, karena jika terminator tidak menyerap sinyal dan sinyal yang sama terpantul kembali maka hal ini bisa mengacaukan sistem aliran data yang ada pada topologi bus, dan terminator ini mengenali kemana arah data berpergian. Untuk menghubungkan antara kabel utama ke komputer dibutuhkan T Konektor (Connector T), sedangkan BNC adalah konektor yang dihubungkan langsung  ke LAN card. untuk lebih mudah memahami lihat gambar dibawah ini :
maksud dari topologi bus
Untuk sekarang ini topologi bus jarang sekali ditemui untuk jenis lokal jaringan kecuali untuk jaringan backbone. Backbone adalah saluran atau koneksi berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan. Backbone sendiri bisa diibaratkan jalan tol (jalan bebas hambatan) artinya harus memiliki bandwith yang lebar untuk jalur komunikasi utama agar data cepat sampai tujuan, biasanya untuk backbone sendiri menggunakan kabel fiber optik karena menjanjikan kecepatan yang tinggi.
Keuntungan Topologi Bus :
  • Murah karena tidak banyak menggunakan media dan kabel banyak tersedia di pasaran.
  • Jaringan bus sederhana dan mudah dalam instalasi.
Kekurangan Topologi Bus :
  • Sering terjadi hang atau cross talk jika lebih dari satu pasang memakai jalur pada waktu yang sama.
  • Tidak cocoknya topologi bus untuk jaringan yang besar karena ada ketebatasan komputer setiap di setiap segmennya dan karena setiap komputer memakai satu jalur yang sama secara langsung maka jika ada penambahan komputer atau banyaknya komputer yang terhubung dan melakukan komunikasi akan terasa sekali penurunan dari kinerja topologi bus ini.
  • Jika kabel utama bermasalah/putus maka seluruh jaringan akan terganggu.
2. Topologi Ring
topologi-ring
Pengertian Topologi Ring adalah sebuah topologi yang sebenarnya hampir mirip dengan bus perbedaannya pada ujung kabelnya saja, jika bus harus ditutup dengan terminator maka pada topologi ini dibuat melingkar sehingga digunakanlah istilah ring. Pada topologi ini masing – masing titik atau node berfungsi juga sebagai repeater yang artinya menerima sinyal kemudian menguatkan sinyal untuk dikirim atau diteruskan ke perangkat selanjutnya.
proses itu dibantu dengan yang namanya TokenFungsi token adalah ibarat seperti kurir, yang memiliki informasi bersamaan dengan data yang berasal dari komputer sumber, kemudian token ini akan melewati sebuah titik/node (mudahnya perangkat komputer), dan akan memeriksa apakah informasi yang dibawa ada hubungannya dengan node tersebut jika iya, maka data akan diberikan dan token melanjutkan perjalannya ke node selanjutnya, jika tidak, token akan membawa datanya ke node selanjutnya sampai data sampai tujuan. terus dan terus seperti itu. proses ini akan terus berlangsung hingga sinyal data mencapai tujuan. Dengan cara kerja dari topologi ring yang seperti itu dibantu oleh token maka kekuatan sinyal dalam aliran data dapat terjaga.
Keuntungan Topologi Ring :
  • Kegagalan koneksi bisa diatasi lewat jalur lain yang masih bisa terhubung.
  • Cara kerja token yang menghampiri setiap node (point to point) dapat memperkecil transmission error (kegagalan dalam pengirim).
Kerugian Topologi Ring :
  • Data yang dikirim jika melalui banyak komputer maka akan memperlambat komunikasi data atau transfer data pada sebuah jaringan.
3. Topologi Star
topologi-star
Pengertian Topologi Star adalah topologi yang secara istilah menggunakan kata star (bintang) bukan karena bentuk atau designnya selalu menyerupai bintang tapi karena topologi ini memiliki konsentrator untuk menengahi atau menyediakan jasa untuk meneruskan data ke komputer tujuan. Konsentrator itu sendiri bisa berupa hub, switch bridge dan yang semisalnya.
Topologi ini saya yakin sangat populer karena hingga saat ini topologi ini yang paling banyak dipakai dan ditemui.
Keuntungan Topologi Star :
  • Jika salah satu kabel terputus maka tidak akan menggangu kinerja jaringan secara keseluruhan.
  • Mudah dalam instalasi.
  • Termasuk murah untuk diimplementasikan, apalagi harga switch sekarang sudah murah dan kinerjanya sudah lebih bagus pastinya dari hub. Oleh karena itu hub sekarang jarang ditemui untuk instalasi topologi star. Kabelnya pun murah untuk kabel UTP dan mudah ditemukan dipasaran.
  • menambah perangkat akan lebih mudah jika port yang ada masih tersedia pada konsentrator yaitu switch.
Kerugian Topologi Star :
  • Jika switch atau perangkat yang berada dititik pusat untuk menerima dan meneruskan data mati maka seluruh jaringan yang terhubung tersebut akan mati total.
  • Jika terjadi collison disebabkan karena traffic data yang cukup tinggi maka semua komunikasi akan ditunda hingga beberapa waktu tertertu atau koneksi akan dilanjutkan secara random time karena dibutuhkan waktu untuk mengecek apakah jalan atau jalur sudah tidak terpakai atau tidak.
 4. Topologi Mesh
topologi-mesh
Pengertian Topologi Mesh adalah Topologi yang saling terhubung dari node ke node yang lain secara penuh atau langsung. Maksudnya langsung adalah setiap node memiliki jalur khusus dan terhubung ke berbagai node lain secara penuh sehingga memungkinkan bisa mengatasi masalah traffic data saat lalu lintas cukup tinggi. Ibarat jalan pada saat kita ingin berpergian ke suatu tempat namun banyak jalan yang digunakan untuk sampai ke tempat tersebut maka masalah lalu lintas data akan bisa diminimalisir seperti kemacetan, collision dan lain – lain.
Keuntungan Topologi Mesh :
  • Karena setiap node tehubung secara langsung atau penuh atau memiliki banyak jalur otomatis transfer traffic data akan lebih baik.
  • Topologi ini menjamin kerahasian atau keamanan data karena memiliki jalur khusus dalam pengirimannya.
  • Jika ada salah satu kabel mengalami gangguan tidak akan begitu mempengaruhi jaringan secara keseluruhan.
  • Jika ada gangguan kesalahan pada saat pengiriman data ke node tertentu bisa mengalihkan jalur melalui node yang lain.
Kerugian Topologi Mesh :
  • Sistemnya yang sangat rumit.
  • Biaya otomatis mahal karena akan banyak perangkat hardware yang dibutuhkan.
  • Biaya maintenace otomatis mahal.
  • Jika ada penambahan perangkat yang membuat semakin rumitnya instalasi.
5. Topologi Hybird
topologi-hybird
Pengertian Topologi Hybird adalah Topologi yang lebih flexibel artinya tidak terpaku pada satu topologi saja misalkan star, bus, atau yang lainnya dalam prakteknya, lebih tepatnya topologi hybird ini menggabungkan dari berbagai topologi disesuaikan dengan kebutuhan kinerja ataupun kemajuan teknologi yang ada agar jaringan bisa terasa sesuai dengan kondisi saat ini dan agar lebih efisien tentunya. Contohnya kita bisa menggabungkan topologi star sebagai jaringan lokal kemudian menggunakan topologi bus untuk jaringan backbonenya.
Keuntungan Topologi Hybird :
  • Fleksibel.
  • Mudah jika ada penambahan perangkat.
  • Kinerja yang akan terasa lebih efektif.
Kerugian Topologi Hybird :
  • Jika ada kesalahan atau trouble pada jaringan kita harus mengetahui sumber kesalahannya berada di topologi mana.
  • Semakin banyaknya perangkat dengan berbagai media fisik yang harus digunakan untuk efisiensi membutuhkan dana lebih.


8. Menganalisis kebutuhan terhadap teknologi baru


Analisis Kebutuhan Teknologi Dalam Jaringan. Berikut ini dia pembahasan nya.

Teknologi merupakan sesuatu yang tidak dapat lepas dalam kehidupan manusia. Bahkan pada masa sekarang ini, telah menjadi suatu tren dalam kehidupan manusia. Perkembangan dunia teknologi berdampak pada era informasi yang lebih cepat. 

Salah satu teknologi  yang telah akrab dengan kita  adalah teknologi Internet dimana teknologi ini merupakan suatu  jaringan Komputer Global yang mempermudah pemakainya untuk saling berkomunikasi ataupun bertukar informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

soal UN dan jawaban 2017

Latihan Soal Ujian Nasional (UN) Teori Kejuruan TKJ  SMK 2017 . 1. Alat yang berfungsi untuk menghubungkan 2 jaringan dengan segmen yang...